Kamis, 11 April 2013

UTS 2012/2013



  • Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad 21.
Jawaban :
 Pada dasarnya sebelum kelompok melakukan proses perencanaan dan pengajaran kepada peserta didik, ada baiknya pengajar mengetahui bagaimana cara yang baik dalam melakukan proses paedagogi melalui teori-teori yang ada. Setelah memahaminya, kelompok kami merencanakan untuk mengajari anak yang berusia rata-rata 5 tahun dalam hal mengenal warna (mewarnai gambar). Dan dalam perencanaan kami sebelum memulai pengajaran, kami melatih para peserta didik  terlebih dahulu lewat mewarnai gambar  untuk mengetahui tingkat pengetahuan anak didik terhadap warna-warna yang mereka kenal. Dengan begitu kami bisa mengetahui apakah teori yang ada bisa diterapkan langsung kepada peserta didik atau tidak. Jika dalam praktisinya tidak sesuai dengan teori yang ada, berarti ada hal (faktor) yang terjadi pada peserta didik sehingga anak didik tidak dapat memahami proses pembelajaran yang terjadi dan kami mencoba menelaah kembali dengan teori-teori lain yang ada. Jadi, jika di tinjau dari paedagogi abad 21, kami melakukan paedagogi praktisnya dengan permainan games untuk mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran  mengenal warna

Tema  : Mengenal warna

      Landasan teori
            Tinjauan tentang prestasi belajar
            Menurut hamalik, belajar adalah suatu pertumbuhan atau perubahab dala diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan (menyerap pengetahuan). Jadi dengan kata lain, belajar merupakan perubahan yang terjadi dalam tingkah laku manusia dan proses tersebut tidak akan terjadi apabila tidak ada suatu yang mendorong pribadi yang bersangkutan.
Dan menurut teori kognitif jean piaget, setiap anak membutuhkan adaptasi. Adaptasi merupakan cara anak memperlakukan informasi baru dengan mempertimbangkan apa yang telah mereka ketahui. Diaman adaptasi meliputi dua langkah, yakni;
1.    Asimilasi : mengambil informasi baru dan menyertakannya dalam struktur kognitif yang telah ada.
2.    Akomodasi : mengubah struktur kognitif seseorang dalam rangka memasukkan informasi baru.

     Tujuannya :
            Tujuan adanya observasi yang kami lakukan, untuk mengetahui tingkat pemahaman anak sekitar usia 5 tahun tentang warna yang pada dasarnya telah umum berada di sekitar mereka. Tapi karna setiap anak (raihan,keyla dan vira) memiliki latar belakang keluarga yang berbeda. Ini membuat kemampuan dari tiap masing-masing anak juga ikut berbeda. Kami mengobservasi 3 orang anak, dua anak perempuan (keyla 5 Tahun dan vira 4 Tahun) dan satu anak laki-laki (raihan 4 Tahun).
Dimana keyla anak yang berusia 5 Tahun telah mengikuti playgroup dan memiliki kemampuan yang aktif dalam mengenal warna. Sedangkan raihan dan vira anak yang berusia 4 tahun yang seharusnya sudah bisa mengikuti playgroup tapi nyatanya belum di ikut sertakan keluarganya bukan karna hal kekurangan biaya namun lebih pada kurangnya perhatian orangtua terhadap perkembangan anak.

       Manfaat :
Manfaat yang kami dapat dari pelatihan pedagogi ini :
1.   Pentingnya kreativitas bagi pengajar agar peserta didik merasa menikmati pelajaran yang berlangsung.
2. Disini kami sebagai pengajar mendapatkan pengalaman yang sangat menarik, dituntut agar mampu bersabar dalam melatih anak-anak yang berusia 5 tahun yang pada umumnya masih pada tahap bermain.

Lokasi
: Jln. Dwikora III no: 4f

Waktu : Pukul 14.10-15.20 (1 jam 10 menit) / 4x seminggu

Perlengkapan/alat bantu  
      3 buah buku mewarnai
3 kotak pensil warna 
1 buah poster buah-buahan 
1        buah poster alphabet
Hadiah reward

  
Perincian biaya
Rp. 30.000 biaya perlengkapan + Rp.11.000 biaya trasportasi.
total  Rp.41.000,-

 
       Pelaksanaan
            Pelaksanaan pengajaran kami di mulai dengan bernyanyi dan mengenal gambar-gambar yang ada di buku mewarnai sebelum memulai mewarnainya . Kemudian pemanasannya kami mulai dengan mengetes setiap anak melalui pensil warna yang mereka miliki. Setiap pengajar memberikan satu pensil warna ke setiap peserta didik dan bertanya kepada mereka warna pensil apa yang sedang berada di tangan mereka. Dua orang anak menjawab dengan benar dan satunya menjawab dengan salah. Setelah itu kami memulai mengenal warna dengan mewarnai gambar yang ada. Keyla merupakan anak satu-satunya yang paling aktif dan di sambut dengan raihan anak yang belum mengikuti playgroup tapi sudah memiliki kemampuan yang baik dalam mengingat dan mengenal warna. Sedangkan vira masih pasif dikarenakan belum pernah bersosialisasi dengan  dua teman lainnya Dan akhirnya, untuk mencairkan suasana pembelajaran agar lebih seru . kami menggunakan games di akhir pembelajaran agar mengetahui seberapa aktif dan paham mereka mengenai pembelajaran yang berlangsung. Dan akhirnya : raihan menjadi pemenangnya dengan menjawab empat pertanyaan tercepat, keyla menjawab tiga dan vira menjawab satu pertanyaan.

  • Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan fenomena kontemporer.
Jawaban : 
Hasil observasi yang kelompok kami dapatkan : bahwa terdapat perbedaan daya tangkap (kognitif) pada masing-masing anak dikarenakan latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Misalnya: anak A lebih dominan dan aktif dari yang lain dikarenakan ia telah mendapatkan pengenalan warna sebelumnya di TK, anak B cukup aktif meskipun tidak pernah mengikuti pembelajaran di TK tapi ia mendapatkan pembelajaran dari orangtuanya, sedangkan anak C sangat pemalu dan pasif dikarenakan masih merasa asing dengan situasi yang ada atau dengan pembelajaran yang terjadi, sehingga kami sebagai pengajar memiliki kesulitan dalam mengajari anak C . Oleh karena itu dengan adanya permainan games dan buku mewarnai, memberikan kemudahan bagi kami dalam menjalankan proses paedagogi. Buku mewarnai dan gambar-gambar yang menarik memberikan kemudahan bagi anak untuk melakukan proses mewarnai sekalipun tanpa di dampingi pengajar. Dengan begitu, buku mewarnai memberikan fenomena yang baik bagi perkembangan pemahaman anak didik dan memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk mengajari anak didiknya.

  •  Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis.
Jawaban : 
Pandangan saya mengenai pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 sangat efektif, karena pengajar telah melakukan proses peadagogi dengan baik sesuai dengan teori yang ada dan memberikan pembelajaran yang dapat membuat saya sebagai peserta didik memahami dengan mudah pembelajaran yang berlangsung baik dengan kuliah online, postingan blog ataupun presentasi kelas agar peserta didik dapat memproses pemahamannya sendiri mengenai pembelajaran yang diberikan. Dan jika ditinjau dari prinsip-prinsip paedagogi yang telah dilakukan, pengajar telah melakukan dengan baik pendekatan tersebut dengan memahami karakter seiap anak didik dan perbedaan gaya belajar setiap anak didiknya, sehingga tahu bagaimana harus memulai pembelajaran dengan semenarik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar