- Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad 21.
Jawaban :
Pada dasarnya sebelum kelompok melakukan proses perencanaan dan pengajaran
kepada peserta didik, ada baiknya pengajar mengetahui bagaimana cara yang baik
dalam melakukan proses paedagogi melalui teori-teori yang ada. Setelah
memahaminya, kelompok kami merencanakan untuk mengajari anak yang berusia
rata-rata 5 tahun dalam hal mengenal warna (mewarnai gambar). Dan dalam perencanaan kami sebelum
memulai pengajaran, kami melatih para peserta didik terlebih dahulu lewat mewarnai gambar untuk mengetahui tingkat pengetahuan anak
didik terhadap warna-warna yang mereka kenal. Dengan begitu kami bisa
mengetahui apakah teori yang ada bisa diterapkan langsung kepada peserta didik
atau tidak. Jika dalam praktisinya tidak sesuai dengan teori yang ada, berarti ada
hal (faktor) yang terjadi pada peserta didik sehingga anak didik tidak dapat memahami
proses pembelajaran yang terjadi dan kami mencoba menelaah kembali dengan
teori-teori lain yang ada. Jadi, jika di tinjau dari paedagogi abad 21, kami
melakukan paedagogi praktisnya dengan permainan games untuk mempermudah peserta
didik dalam proses pembelajaran mengenal
warna
Tema : Mengenal warna
Landasan teori
Tinjauan tentang prestasi belajar
Menurut hamalik, belajar adalah
suatu pertumbuhan atau perubahab dala diri seseorang yang dinyatakan dalam
cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan (menyerap
pengetahuan). Jadi dengan kata lain, belajar merupakan perubahan yang terjadi
dalam tingkah laku manusia dan proses tersebut tidak akan terjadi apabila tidak
ada suatu yang mendorong pribadi yang bersangkutan.
Dan menurut teori
kognitif jean piaget, setiap anak membutuhkan adaptasi. Adaptasi merupakan cara
anak memperlakukan informasi baru dengan mempertimbangkan apa yang telah mereka
ketahui. Diaman adaptasi meliputi dua langkah, yakni;
1. Asimilasi : mengambil informasi baru dan menyertakannya
dalam struktur kognitif yang telah ada.
2. Akomodasi : mengubah struktur kognitif seseorang dalam
rangka memasukkan informasi baru.
Tujuannya :
Tujuan adanya observasi
yang kami lakukan, untuk mengetahui tingkat pemahaman anak sekitar usia 5 tahun
tentang warna yang pada dasarnya telah umum berada di sekitar mereka. Tapi
karna setiap anak (raihan,keyla dan vira) memiliki latar belakang keluarga yang
berbeda. Ini membuat kemampuan dari tiap masing-masing anak juga ikut berbeda. Kami
mengobservasi 3 orang anak, dua anak perempuan (keyla 5 Tahun dan vira 4 Tahun)
dan satu anak laki-laki (raihan 4 Tahun).
Dimana keyla anak yang berusia 5 Tahun telah mengikuti playgroup dan
memiliki kemampuan yang aktif dalam mengenal warna. Sedangkan raihan dan vira
anak yang berusia 4 tahun yang seharusnya sudah bisa mengikuti playgroup tapi
nyatanya belum di ikut sertakan keluarganya bukan karna hal kekurangan biaya
namun lebih pada kurangnya perhatian orangtua terhadap perkembangan anak.
Manfaat :
Manfaat yang kami dapat dari pelatihan pedagogi ini :
1.
Pentingnya kreativitas bagi pengajar agar peserta didik
merasa menikmati pelajaran yang berlangsung.
2. Disini kami sebagai pengajar mendapatkan pengalaman yang
sangat menarik, dituntut agar mampu bersabar dalam melatih anak-anak yang
berusia 5 tahun yang pada umumnya masih pada tahap bermain.
Lokasi : Jln. Dwikora III no: 4f
Waktu : Pukul 14.10-15.20 (1 jam 10 menit) /
4x seminggu
Perlengkapan/alat bantu
3 buah buku mewarnai
3 kotak pensil
warna
1 buah poster
buah-buahan
1
buah poster
alphabet
Hadiah reward
Perincian
biaya
Rp. 30.000 biaya
perlengkapan + Rp.11.000 biaya trasportasi.
total Rp.41.000,-
total Rp.41.000,-
Pelaksanaan
Pelaksanaan pengajaran kami di mulai
dengan bernyanyi dan mengenal gambar-gambar yang ada di buku mewarnai sebelum
memulai mewarnainya . Kemudian pemanasannya kami mulai dengan mengetes setiap
anak melalui pensil warna yang mereka miliki. Setiap pengajar memberikan satu
pensil warna ke setiap peserta didik dan bertanya kepada mereka warna pensil
apa yang sedang berada di tangan mereka. Dua orang anak menjawab dengan benar
dan satunya menjawab dengan salah. Setelah itu kami memulai mengenal warna
dengan mewarnai gambar yang ada. Keyla merupakan anak satu-satunya yang paling
aktif dan di sambut dengan raihan anak yang belum mengikuti playgroup tapi
sudah memiliki kemampuan yang baik dalam mengingat dan mengenal warna.
Sedangkan vira masih pasif dikarenakan belum pernah bersosialisasi dengan dua teman lainnya Dan akhirnya, untuk
mencairkan suasana pembelajaran agar lebih seru . kami menggunakan games di
akhir pembelajaran agar mengetahui seberapa aktif dan paham mereka mengenai
pembelajaran yang berlangsung. Dan akhirnya : raihan menjadi pemenangnya dengan
menjawab empat pertanyaan tercepat, keyla menjawab tiga dan vira menjawab satu
pertanyaan.
- Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan fenomena kontemporer.
Jawaban :
Hasil observasi yang kelompok kami dapatkan : bahwa
terdapat perbedaan daya tangkap (kognitif) pada masing-masing anak dikarenakan
latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Misalnya: anak A lebih dominan dan
aktif dari yang lain dikarenakan ia telah mendapatkan pengenalan warna
sebelumnya di TK, anak B cukup aktif meskipun tidak pernah mengikuti
pembelajaran di TK tapi ia mendapatkan pembelajaran dari orangtuanya, sedangkan
anak C sangat pemalu dan pasif dikarenakan masih merasa asing dengan situasi
yang ada atau dengan pembelajaran yang terjadi, sehingga kami sebagai pengajar memiliki
kesulitan dalam mengajari anak C . Oleh karena itu dengan adanya permainan
games dan buku mewarnai, memberikan kemudahan bagi kami dalam menjalankan
proses paedagogi. Buku mewarnai dan gambar-gambar yang menarik memberikan
kemudahan bagi anak untuk melakukan proses mewarnai sekalipun tanpa di dampingi
pengajar. Dengan begitu, buku mewarnai memberikan fenomena yang baik bagi
perkembangan pemahaman anak didik dan memberikan kemudahan bagi peserta didik
untuk mengajari anak didiknya.
- Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis.
Jawaban :
Pandangan saya mengenai pembelajaran pada perkuliahan
Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA.
2012/2013 sangat efektif, karena pengajar telah melakukan proses peadagogi
dengan baik sesuai dengan teori yang ada dan memberikan pembelajaran yang dapat
membuat saya sebagai peserta didik memahami dengan mudah pembelajaran yang
berlangsung baik dengan kuliah online, postingan blog ataupun presentasi kelas agar
peserta didik dapat memproses pemahamannya sendiri mengenai pembelajaran yang
diberikan. Dan jika ditinjau dari prinsip-prinsip paedagogi yang telah
dilakukan, pengajar telah melakukan dengan baik pendekatan tersebut dengan
memahami karakter seiap anak didik dan perbedaan gaya belajar setiap anak
didiknya, sehingga tahu bagaimana harus memulai pembelajaran dengan semenarik
mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar